Published On: Fri, Jun 1st, 2018

PT KAI Daop I Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2018

IMEDIACYBER | PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop I menyatakan siap menghadapi lonjakan penumpang jelang arus mudik maupun balik Lebaran 2018.

Dikatakan oleh Kepala PT KAI Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah, sejak kemarin, Kamis 31 Mei 2018 penumpang mudik sudah mulai memadati Stasiun Gambir dan Stasiun Senen. Hari ini, Jumat (1/6/18), kedua stasiun tersebut memberangkatkan masing-masing 13.000 penumpang dan 17.000 penumpang.

“Kami siap menghadapi angkutan Lebaran baik sarana maupun prasarana. Mulai tanggal 31 Mei sudah mulai ada peningkatan penumpang. Untuk hari ini di Stasiun Gambir dan di Pasar Senen sudah mulai naik,” tutur Dadan di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/6/18).

Menurut Dadan, pihaknya menyediakan sebanyak 900.000 tiket selama 10 hari masa mudik dan balik Lebaran 2018. Hingga kini, sebanyak 570.000 tiket telah terjual. Sementara untuk tiket keberangkatan pada 4-14 Juni 2018 sudah terjual habis.

“Kecuali untuk relasi dekat misalnya Bandung dan Cirebon mungkin masih ada beberapa tempat duduk,” jelas dia.

Mayoritas tujuan mudik tahun ini, sambung dia, masih sama seperti tahun sebelumnya yakni daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya juga menambah jumlah gerbong dan kereta tambahan ke beberapa daerah tersebut.

“Puncak angkutan lebaran diperkirakan H-2 Tanggal 13 Juni. Tambahan bukan hanya gerbong tapi juga tambah kereta perjalanan atau rute. Jadi ada 16 kereta yang kami tambahkan dari kereta yang reguler,” ungkapnya.

Daop I sendiri memiliki 7 reguler kereta api (KA) reguler. Maka untuk persiapan Lebaran 2018 dilakukan penambahan sebanyak 16 KA.

“Di samping itu juga kami menambah beberapa gerbong untuk kereta tertentu misalnya Kereta Gumarang. Itu tadinya 8 kami tambah 5 jadi ada penambahan gerbong dalam satu rangkaian ya,” imbuhnya.

About the Author

-

Indonesia Media Cyber | Menginformasikan Indonesia Secara Online