Published On: Tue, Sep 11th, 2018

Semangat Tahun Baru Hijriah 1440

Share This
Tags

IMEDIACYBER | Bekasi – Hari ini senin, 10 September 2018, itulah tanggal pada bulan kalender masehi yang berdasarkan perhitungan peredaran matahari. Berbeda dengan tahun kaum muslimin yang berdasarkan peredaran bulan atau disebut hijriah.

Sore menjelang malam atau setelah waktu Maghrib itulah perhitungan pergantian hari pada kalender hijriah, dan pada hari ini adalah bertepatan dengan 1 muharam 1440 Hijriah. Dimana hampir seluruh umat muslimin dunia merayakan tahun baru 1440 Hijriah, salah satunya di kampung baru kelurahan Harapan Jaya kecamatan Bekasi Utara.

Kaum muslimin di kampung tersebut yang di prakarsai oleh karang taruna 008 mengadakan kegiatan perayaan Tahun Baru Hijriah 1440. Dalam rangkaian acara menyambut tahun baru hijriah diawali dengan membaca zikir dan doa bersama sebagai rasa syukur terhadap Alloh SWT, dan dilanjutkan dengan pawai obor keliling kampung.

Acara yang cukup meriah itu diikuti sekitar 300 orang dari mulai anak-anak sampai dewasa berkumpul semua dalam acara yang dilakukan rutin setiap tahunnya.

Saat ditemui ketua pelaksana Tahun Baru Hijriah Fadli Rabani mengatakan, tema kegiatan ini adalah Semangat Tahun Baru Hijriah 1440, dimana acara ini adalah momentum untuk menumbuhkan ukhuwah islamiyah yang terdiri dari saling mengenal, saling mengerti dan memahami, saling tolong menolong, saling menanggung sehingga dikampung ini diharapkan menjadi masyarakat yang islami.

Walaupun pada saat pawai obor keliling kampung menimbulkan kemacetan tetapi acara berlangsung dengan tertib dan damai.

About the Author

-

Indonesia Media Cyber | Menginformasikan Indonesia Secara Online