Published On: Fri, Nov 10th, 2017

Selamat Hari Pahlawan Nasional

Gambar Tidak Tersedia

Pada tahun 1945, kurang lebih tiga bulan setelah proklamasi dikumandangkan Presiden Soekarno yang menyatakan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No 56, terjadi perjuangan hebat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya.

Saat itu rakyat Indonesia, khususnya pemuda, di wilayah Surabaya dan sekitarnya bersatu melawan sekutu yang memboncengi Belanda. Pertempuran berdarah yang kemudian tak sedikit memakan korban dari pihak sekutu dan rakyat Indonesia. Pertempuran hebat yang dilakukan Inggris usai memenangi perang dunia kedua kala itu. Perang yang menjadi awal dari perjuangan revolusi di seluruh pelosok Indonesia.

Kini, 72 tahun setelah peristiwa tersebut, wajah kota surabaya tentu sudah banyak berubah. Meski begitu, masih ada tempat-tempat yang menjadi saksi pertempuran hebat kala itu yang belum banyak mengalami perubahan. Tapi, ada pula yang saat ini sudah berubah fungsi, bahkan bentuk.

Peristiwa tersebut pun setiap tahunnya diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai Hari Pahlawan 10 November untuk mengenang jasa para pejuang yang turut mempertahankan kemerdekaan. Karena tanpa perjuangan para pahlawan, bangsa Indonesia tidak seperti sekarang.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, Lembaga Bantuan Hukum Anarki Nusantara 56 (LBH Antara 56) dan Redaksi Media Online Indonesia Media Cyber (imediacyber.net) mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November. Rasa terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada para pahlawan atas jasa-jasa mereka.

Merdeka!!!

About the Author

Indonesia Media Cyber | Menginformasikan Indonesia Secara Online