by

Mulai 2020, Pengantin Harus Memiliki Sertipikat Layak Menikah

-Ragam-346 views

IMEDIACYBER | Mulai 2020, para calon pengantin yang akan menikah harus mengikuti pembekalan semacam kursus atau seminar dan mendapatkan sertifikat layak menikah sebelum ijab kabul. Pembekalan ini bertujuan antara lain mencegah stunting (kekerdilan) pada keturunan mereka.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bilang, pembekalan itu berisi materi pelatihan mengenai ekonomi keluarga hingga kesehatan reproduksi.

Ia menuturkan, program ini merupakan penguatan terhadap sosialisasi pernikahan yang sebelumnya dilakukan kantor urusan agama (KUA). “Selama ini kan hanya KUA dan menurut saya belum mantap,” kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 14 November 2019.

Muhadjir menegaskan, calon pengantin yang belum memiliki sertifikat layak kawin ya tidak boleh menjalani akad nikah. “Ya sebelum lulus mengikuti pembekalan enggak boleh nikah,” kata Muhadjir.

Sedangkan Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR meminta pemerintah tak terburu-buru dalam memberlakukan syarat sertifikat bagi pasangan yang akan menikah. PAN menilai harus ada kajian mendalam karena menikah merupakan privasi seseorang.

“Harus hati-hati, dikaji betul manfaat dan mudaratnya, karena masalah orang kawin itu masalah yang sangat privat, sangat pribadi,” kata Sekretaris Fraksi PAN DPR Yandri Susanto kepada wartawan, Kamis, (14/11/2019).

Yandri juga mempertanyakan syarat supaya bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Dia menilai jika pemerintah tidak bisa menjelaskan manfaat dari sertifikat tersebut, bisa terjadi gejolak di publik.

“Nah sekarang yang mau disertifikatkan oleh pemerintah itu apanya? Parameternya apa? Kalau menurut saya, sekali lagi, kalau tidak hati-hati bisa bikin gaduh juga,” sebut Ketua Komisi VIII DPR itu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed