by

Opini: Peran Orangtua dalam Memperkenalkan Gadget Terhadap Anak

-Ragam-189 views

IMEDIACYBERNET | Saat ini teknologi telah berkembang kian pesat. Salah satu teknologi yang sangat populer adalah gadget. Dengan adanya gadget dapat membantu segala urusan manusia. Gadget tidak lagi ditemui pada orang dewasa saja, melainkan pula dipakai oleh anak- anak. Di sini tentunya peran orang tua sangat dibutuhkan untuk bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi tersebut. Jika digunakan dengan bijak maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Jika penggunaanya tidak terkontrol maka pengaruh gadget akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi digital membawa dampak khususnya pada anak-anak usia dini (4 sampai 6 tahun). Perilaku keseharian orang tua terutama dalam penggunaan gadget antara lain smart phone dan gadget tak jarang juga melibatkan anak-anak. Sifat anak-anak yang cenderung ingin tahun dan mencoba meniru apa yang dilakukan orang tua menuntut peran serta orang tua agar anak bisa bijak dalam menggunakan gadget.

Orang tua pada umumnya menyediakan gadget bagi anak umumnya untuk kelancaran komunikasi, menambah wawasan dan hiburan . Alih-alih sebagai sarana komunikasi tak jarang gadget juga berdampak melalaikan bagi anak sehingga anak menjadi tidak disiplin dalam penggunaan waktu belajar,waktu bermain, waktu makan dan waktu istirahat. Dampak negative ini bisa mempengaruhi psikis dan kesehatan anak khususnya kesehatan mata akibat pengaruh sinar dari layar gadget. Disini diperlukan pengawasan dan perhatian orang tua agar anak-anak bisa arif dalam menggunakan gadget mereka.

Berikut hal yang harus diperhatikan oleh orang tua terhadap anak usia dini pertama kali adalah dengan menjelaskan kepada anak hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak terhadap gadget mereka hal ini bisa dilakukan dengan membuat kesepakatan bersama membuat aturan jadwal penggunaan gadget dan sanksi apabila yang telah disepakati apabila anak melanggar aturan tersebut. Yang kedua adalah dengan menyiapkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat khususnya memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk menambah wawasan dan akhlak mulia anak dan menjelaskan cara mengoperasikannya pada anak-anak. Terakhir ikut terlibat dan menyaring konten-konten yang tidak layak untuk ditampilkan pada anak-anak.

Atas dampak positif dan negative dari penggunaan gadget dikalangan anak-anak Faktor orang tua menjadi penentu untuk melindungi anak-anak agar anak-anak bijak dalam menggunakan gadget mereka.

Oleh: Elida Lisda Mora Sagala

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed