by

Giat Rutin Camat Risan saat Pandemi Covid-19

-Ragam-120 views

IMEDIACYBERNET | Ramah sopan dan penuh kekeluargaan, begitulah sambutan Camat Tamansari H Risan kepada redaksi imediacyber.net yang datang berkunjung ke kantor beliau di kawasan Tamansari, Jakarta barat.

Di situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi sekarang ini, beliau masih mau menerima awak media untuk meminta konfirmasi mengenai perkembangan situasi lingkungannya yang memang sangat padat di beberapa kelurahan di bawah teritorial Kecamatan Tamansari.

Menurut pengakuan Camat Risan, memang ada dua kelurahan yang terdampak Covid-19 terparah yang memang kondisi jumlah penduduknya sangat padat dibandingkan dengan kelurahan-kelurahan yang lain di bawah Kecamatan Tamansari yaitu Kelurahan Krukut dan Kelurahan Tangki.

Untuk memutus mata rantai wabah Covid-19, Camat Tamansari mempunyai kegiatan rutin tiap harinya yang selalu dijalankan secara berkelanjutan. Kegiatan tersebut dimulai dari apel di pagi hari pada pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan monitor wilayah sekecamatan.

Begitu juga di waktu malam, sekitar pukul 19.30 WIB dilakukan apel dan dilanjutkan dengan monitor wilayah sampai pukul 21.00 WIB. Kegiatan rutin Camat tersebut bekerjasama dengan unsur tiga pilar yaitu Satpol PP, Polri dan TNI.

Monitoring wilayah ini sasarannya mengacu kepada Pergub DKI No.41/2020 Tentang Kewajiban Masyarakat yang wajib menggunakan masker ditempat umum. Bila ada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, maka saat itu juga akan dikenakan sanksi kedisiplinan sampai denda dengan kisaran Rp250 ribu sampai Rp1 juta.

Ini dilakukan agar masyarakat benar-benar dapat menjalankan aturan pemerintah dalam rangka memutus wabah Covid-19.

Begitu juga monitoring di perbatasan mengacu kepada Pergub DKI No.47/2020 Tentang Checkpoint dan juga SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) bagi masyarakat yang ingin keluar masuk Jakarta.

Diakhir perbincangan, Camat Tamansari sangat berharap agar masyarakat dapat bekerjasama dengan aturan dan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah untuk tetap berdiam di rumah kecuali bila ada hal penting dan mendesak. Agar penyebaran wabah Covid-19 ini dapat ditekan semaksimal mungkin dan cepat berakhir.

Karena sebenarnya, kata Camat Risan yang rutin menjalankan puasa Senin-Kamis ini, kita semua tidak menginginkan situasi dan kondisi seperti ini.

“Marilah kita sama-sama berdoa kepada Alloh SWT dan berusaha agar musibah ini bisa cepat berlalu,” demikian tutup Camat Risan. [sukaria]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed