by

BBTKLPP Surabaya Terbitkan Buku ‘Hidup Berdampingan dengan Corona’

-Nasional-236 views

IMEDIACYBERNET | Indonesia hingga saat ini masih menangani pandemi Covid-19. Penanganan Covid-19 oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya telah memasuki bulan keempat pada Juni 2020.

Selama sekitar satu caturwulan berjibaku dengan virus baru tersebut, ada banyak yang dilakukan BBTKLPP Surabaya yang patut dituliskan dalam buku. Hal ini sebagai bentuk akuntabilitas dan merupakan bagian dari sejarah penanganan pandemi ini.

Sehingga, BBTKLPP Surabaya menerbitkan buku berjudul “Hidup Berdampingan dengan Corona” yang merupakan kumpulan pemberitaan mengenai penanganan Covid-19 di BBTKLPP Surabaya sampai dengan Juni 2020.

Buku yang akan menjadi sejarah di Indonesia tersebut kemudian diberikan Kepala BBTKLPP Surabaya secara langsung ke Menteri Kesehatan, Dirjen P2P, Sesditjen P2P, para direktur di jajaran Ditjen P2P, Kepala Pusat Kesehatan Haji, dan semua Kepala B/BTKLPP di Indonesia.

Penerbitan buku itu diharapankan dapat menjadi inspirasi dan pembelajaran bagi para pembaca. Karena kita semua yang akan menjadi bagian dari sejarah Indonesia dalam penanganan dan keberhasilan hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Buku ini merupakan kumpulan pemberitaan berisi pengalaman BBTKLPP Surabaya dalam mengemban tugas mulia sebagai laboratorium pemeriksa Covid-19,” kata Kepala BBTKLPP Surabaya, Rosidi Roslan melalui sambungan telpon, Sabtu (20/6/2020).

Lebih lanjut Rosidi menyampaikan, sampai saat ini, BBTKLPP Surabaya telah memeriksa lebih dari 13 ribu spesimen dan 4.000 diantaranya positif.

“Tak seperti katak dalam tempurung yang hanya mampu berkutat pada pemeriksaan, buku ini juga memotret upaya-upaya BBTKLPP Surabaya meningkatkan kapasitas laboratorium lain. Dukungan pada penelusuran kontak dan penyelidikan epidemiologi, serta terobosan terobosan dalam pemeriksaan spesimen Covid-19,” jelas pria yang saat sedang menempuh program Doktoral Ilmu Administrasi Publik di Universitas Terbuka ini.

Besar harapan kami, sambung Rosidi, buku ini dapat menjadi inspirasi dan pembelajaran kita semua Kita semua yang akan menjadi bagian dan sejarah Indonesia dalam penanganan dan keberhasilan hidup berdampingan dengan COVID-19. [ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed