by

Disambut Hangat, Presidium MCKN Jawa Barat Kunjungi Cisoka

-Nasional-96 views

IMEDIACYBERNET | Salah satu yang menjadi agenda utama Majlis Cendikiawan Keraton Nusantara (MCKN) yakni turut serta membangun negara. Hal ini dibuktikan dengan kepedulian dan perhatian MCKN tentang sejarah, seni budaya, kelestarian cagar budaya kearifan lokal dan lingkungan hidup serta memberdayakannya.

Sebagai informasi, MCKN dikukuhkan pada 26 Desember 2017 di Keraton Srimanganti Sumedang.

Saat ini, Ketua Umum MCKN disematkan kepada Prof DR M Asdar dan Sekjen P Natadiguna Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat. Dan di Jawa Barat, Ketua Umum Presidium dipegang oleh NR Rulany Indra Gartika Rusady Wirahaditenaya SPd Mus Ma (Ully Hary Rusady/Ully Sigar) dan sekaligus duta keraton Sumedanglarang MCKN di bawah naungan YARASUTRA (YAYASAN Raja dan Sultan Nusantara) yang ketua umumnya adalah Sultan Mahmud Iskandar Badaruddin.

Kamis, 21 Juni 2020, Presidium MCKN Jawa Barat, Bunda Ully datang berkunjung ke Tangerang di kawasan Cisoka Tigaraksa untuk bertemu dengan para tokoh sejarah dan seni budaya disana.

Kedatangan Bunda Ully disambut dengan kegembiraan dan kehangatan penuh dengan suasana kekeluargaan.

Acara tersebut dihadiri oleh para tokoh yang berada di wilayah Cisoka yang salah satunya adalah Abah Engkos. Beliau adalah Ketua Padepokan Pencak Silat Sinatria Sunda (Gagak lumayung Banten).

Diketahui, beliau juga sedikit banyaknya mengerti tentang sejarah dan silsilah kerajaan yang ada di Tangerang dahulu.

Atas pengetahuan dan pemahaman serta kiprah Abah Engkos di bidang sejarah dan seni budaya di Tangerang inilah, Bunda Ully menyematkan lencana serta medali kehormatan kepada beliau (Abah Engkos), serta perintah untuk membentuk kepengurusan MCKN Tangerang Raya secepatnya. Agar Tangerang sejarah kerajaan dahulu marwahnya bisa muncul kembali seni budayanya serta lingkungan hidup bisa lestari ditengah pembangunan negara kita.

Selain itu, diharapkan MCKN Tangerang Raya bisa bersinergi, diterima dan didukung pergerakannya oleh tiga wilayah di Tangerang yaitu Pemkot Tangerang, Pemkab Tangerang dan Tangerang Selatan. [sukaria]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed