by

BBTKLPP Surabaya: Treatment Cluster dengan Mempertimbangkan Kearifan Lokal

-Nasional-113 views

IMEDIACYBER | Dalam kunjungannya ke Grahadi, Jawa Timur pada 25 Juni 2020 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta percepatan penurunan kasus Covid-19 dalam dua minggu.

Berdasarkan data, kasus Covid-19 di Jawa Timur mulai menanjak dikarenakan adanya bermunculan cluster-cluster bersekala besar seperti diakibatkan pelatihan tenaga kerja, industri yang terus berjalan, aktifitas ekonomi-sosial bahkan karena aktifitas keagamaan. Sehingga diperlukan suatu penanganan yang komprehensif serta peran aktif masyrakat.

“Sebagai petugas kesehatan kita harus segera mencegah, mendeteksi dan merespon masalah-masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat,” tutur Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya Rosidi Roslan saat dihubungi, Senin (29/6/2020).

Lebih lanjut Rosidi mengatakan, dalam masa Pandemi upaya tersebut haruslah dilakukan secara cepat, tepat dan akurat. Indikator-indikator tersebut tentunya harus selalu diutamakan guna memutus rantai penularan dan meminimalkan jatuhya korban yang berkelanjutan.

Menurut Rosidi, untuk mengatasi kedala permasalahan tersebut maka treatment-lah yang terpenting dilakukan. Pemilihan treatment dalam menangani masalah-masalah dilapangan haruslah tepat dengan mengacu pada teori dan pedoman yang sudah ada.

Selanjutnya, tambah Rosidi, jika model treatmen sudah ditemukan maka langkah berikutnya:

1. Upaya pengendalian yang cluser dengan pengutamakan percepatan penangan kasus atau yang disebut tatalaksana kasus,
2. Pengendalian penyebaran kasus, hal ini dengan melihat prediksi penyebaran kasusnya seperti apa dan seberapa besar populasi berisiko,
3. Melakukan desinfeksi secara massal dengan berkolaborasi dengan bidang lingkungan/sanitarian,
4. Mengisolasi masyarakat terkena dan juga masyarakat yang terdampak.

Tentunya semua itu dilakukan dengan mempertimbangkan kearifan lokasi setempat.

Atas dasar tersebut, BBTKLPP Surabaya menyelenggarakan Webinar Series bertajuk “Upaya Pengendalian dan Treatment Cluster” pada Senin, 29 Juni 2020 pukul 09.00-12.00 WIB. [ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed