by

Terkait Sampah Masker, Aa Gym: Kita harus Tanggungjawab

-Kajian-64 views

IMEDIACYBER | Sejak pandemi Covid-19 menyebar di berbagai negara, kebutuhan masker drastis meningkat. Hal serupa pun terjadi di Indonesia.

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan secara resmi dua warga positif terjangkit virus corona (Covid-19), Senin 2 Maret 2020, sentra alat dan produk kesehatan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, dipadati masyarakat yang ingin membeli masker.

Sayangnya, penggunaan masker dan sarung tangan secara masif untuk menghindari penularan COVID-19 telah menimbulkan masalah baru yakni munculnya tumpukan sampah yang berpotensi mengganggu kehidupan di lautan. Isu ini mengkhawatirkan terlebih bila sampah masker dan sarung tangan tidak dikelola secara benar sebelum sampai ke laut.

Dilansir dari Matador Network, Kamis (28/5/2020) penggunaan masker dan sarung tangan lateks sekali pakai yang dibuang sembarangan telah ditemukan di taman, pantai, hingga lautan di berbagai wilayah di dunia. Karena terbuat dari bahan seperti polypropylene, masker tidak mudah terurai secara alami dan dapat mengancam ekosistem.

Pada Februari lalu, organisasi konservasi OceansAsia memposting foto puluhan sampah masker medis di pantai-pantai Hong Kong. Masalah ini pun menjadi makin buruk dari hari ke hari.

Terkait sampah masker tersebut, KH Abdullah Gymnastiar memposting video anggota OceansAsia sedang memegang sampah masker di akun Instagram @aagym. Pada unggahan, kyai yang akrab disapa Aa Gym tersebut menuliskan, “Kita harus bertanggung jawab terhadap sampah masker yang sudah kita pakai”.

Selain itu, Aa Gym juga mengatakan, “Harus tetap tertib, jangan sampai menjadi kezoliman bagi makhluk Alloh lainnya, dan kezoliman pasti akan kembali kepada kita sendiri. Na’udzubillah”.

Jadi, marilah kita bertanggungjawab atas sampah masker yang sudah kita pakai. Agar kita selamat di dunia dan akhirat.

Video tersebut pada 9 Juli 2020 pukul 16.20 WIB telah dilihat oleh 212.166 penonton dan disukai oleh 12.008 orang. [ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed