by

Warga Desa Bunder Cikupa Tuding Pabrik Kopi Cemari Lingkungan

-Polhukam-150 views

IMEDIACYBER | Tangerang – Bau pekat tak sedap dengan pemandangan yang mengenakan sangat jelas terasa bila kita melewati kawasan Kampung.Bunder RT 013/RW 02 Kelurahan Bunder, Cikupa, Tangerang.

Menurut Warga setempat, Arifin (43), kotor dan bau ini diduga disebabkan oleh limbah pabrik kopi terkenal yang letaknya tak jauh dari kawasan tersebut.

Saluran air di kawasan tersebut yang lebarnya dua meter, sepanjang alirannya berwarna hitam, kadang berwarna kekuning-kuningan dan berbusa. Dari aliran air tersebutlah timbul bau yang tidak sedap yang menyengat.

Sebagai informasi, pencemaran lingkungan ini sudah lama melanda wilayah Desa Bunder. Sudah banyak juga survei dilakukan oleh banyak pihak yang mengatasnamakan lingkungan hidup, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun media yang menginginkan kondisi lingkungan tersebut bisa berubah.

Dengan kehadiran para tim survei, masyarakat setempat berharap dapat membawa perubahan kondisi lingkungannya. Namun sampai saat ini hal itu belum terwujud.

Warga setempat berharap pencemaran limbah ini agar cepat ditangani oleh instansi terkait. Agar masyarakat lingkungan sekitar bisa merasa nyaman terhindar dari aroma bau menyengat dan saluran air kembali normal bersih seperti semula.

Pencemaran lingkungan dan pencemaran udara juga terjadi di kawasan terdekat pabrik kopi tersebut. Terlihat kali kecil di sisi pabrik tempat aliran pembuangan air terlihat sangat hitam pekat.

Diduga kuat, dari sinilah asal limbah tersebut mengalir kearah desa-desa sekitar pabrik termasuk Desa Bunder. [sukaria]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed