by

Balasan Bagi Mata yang Tidak Terjaga Menurut Aa Gym

-Kajian-77 views

IMEDIACYBER | Penceramah kondang asal Bandung, Jawa Barat yakni KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pada Sabtu, 25 Juli 2020 mengunggah foto bertuliskan ‘Balasan Bagi Mata yang Tidak Terjaga’. Dakwah digital Aa Gym tersebut diunggah ke akun Instagram @aagym.

Berikut ini dakwah digital Aa Gym berupa gambar yang redaksi ubah ke dalam tulisan:

Mengutip kalimat Imam Ibnu Qoyyim Rohimahullah: Pandangan mata adalah asal dari seluruh petaka yang menimpa seorang insan. “Pandangan mata melahirkan lintasan di hati. Lintasan di hati melahirkan pikiran, kemudian timbul syahwat. dari syahwat, lahir keinginan kuat yang akan menjadi kemantapan yang kukuh. Dari sini pasti akan terjadi perbuatan yang tidak ada seorang pun dapat mencegah dan menahannya. Karena itulah dinyatakan, ‘Bersabar menahan pandangan itu lebih mudah daripada bersabar menanggung kepedihan setelahnya.'”

Kalau mata tidak terjaga lambat laut akan mengotori hati, mengotori pikiran, lama-lama membulatkan tekad dan bisa berbuat maksiat. Naudzubillah.

Ibarat jika ingin kamar tidak rusak jangan memasukan ayam ke dalam kamar, tutup pintu rapat-rapat. Sebab kalau ayam sudah masuk mengeluarkannya repot dan merusak banyak hal. Sama seperti pandangan sekali terlihat susah untuk menghilangkannya.

Solusi terbaik
Cara yang paling aman untuk bisa menikmati hidup ini, menikmati kekhusyuk’an, menikmati ibadah adalah dengan bersabar menahan pandangan karena itu lebih ringan dibanding bersabar menanggung kepedihan mata yang tidak terjaga.

Dalam unggahan, Aa Gym juga menuliskan, “Tidak ada yang tersembunyi bagi Alloh Ta’ala”.

“Tidak ada satupun yang terlintas dihati kecuali Alloh tahu persis, malaikat pasti mencatat dan pasti ada balasannya,” lanjut Aa Gym.

Terakhir, Aa Gym mengajak untuk disiplin jaga pandangan, jaga hati, jaga lisan, perbanyak istighfar. [ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed