by

Aa Gym Minta Kita Jaga Lisan yang Terucap

-Kajian-81 views

IMEDIACYBER | Sebuah video ceramah singkat berdurasi 2 menit 26 detik terlihat dalam akun Instagram KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa dengan nama Aa Gym. Terlihat, video ceramah tersebut sudah diunggah sejak Minggu, 26 Juli 2020.

“Sahabatku sekalian, Alloh menciptakan lisan pilihannya hanya dua, berkata baik atau diam,” kata Aa Gym mengawali ceramahnya.

Hati-hati, setiap kali kita bicara, kita seperti membuka pintu rumah kita sehingga orang bisa melihat semua isi yang ada di rumah kita. Berantakannya, kotornya, karena dalam bicara itu ada empat cirinya,” lanjut Aa Gym.

“Satu, ciri orang yang mulia, kalau bicara pasti akan ada dzikrullah, tersambung kepada Alloh, perkataannya menjadi ilmu yang manfaat. Ucapannya menjadi hikmah yang menggugah dan mengubah dan jadi solusi,” ujar Aa Gym.

“Adapun ciri orang yang biasa-biasa, sibuk saja dengan peristiwa. Apa yang dia dengar, dia lihat, dia ceritakan dengan berbagai bumbu, menghabiskan waktu dan juga cenderung sia-sia bahkan menjadi dosa,” sambung Aa Gym.

Menurut Aa Gym, ada yang lebih buruk dari itu yaitu orang yang rendahan.

“Cirinya adalah ucapannya negatif, menghina, mencela, mengarasula, komplain, tidak ada rasa syukur. Negatif-negatif saja dan itu pun menjadi suasana negatif bagi yang mendengarnya,” pungkas Aa Gym.

“Dan yang keempat orang yang dangkal yaitu kalau bicara sibuk saja menceritakan dirinya sendiri, yang dia pikir hanya mengangkat dirinya. Itu usaha saya, itu jasa saya, itu ilmu saya, pengalaman saya, harta saya, saya, saya, saya, saya,” terang Aa Gym.

“Nah inilah orang yang ujub,” tegas Aa Gym.

Kemudian Aa Gym melanjutkan, “Hati-hati, kalau kita termasuk orang yang sangat sibuk menceritakan diri sendiri dan tentu orang yang menceritakan diri biasanya pakai bumbu kebohongan. Maka itulah ciri orang yang dangkal. Naudzubillahimin dzalik”.

Terakhir, Aa Gym dalam ceramahnya mengatakan, “Semoga kita benar-benar bisa mawas diri. Berpikirlah, dan gunakanlah rasa hati kita sebelum kita bicara agar tidak jadi fitnah dunia dan akhirat kita”.

Dalam video ceramah yang diunggah, Aa Gym juga menulis beberapa kalimat, yakni:

Mari jaga lisan kita.
Semoga setiap lisan yang terucap, termasuk kedalam ciri perkataan yang mulia.

Yang perkataannya menjadi dzikrullah, ilmu, hikmah, manfaat dan solusi.

Alhamdulillah, siap disiplin menjaga lisan sahabatku?

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed