by

Bahaya Banyak Bicara, Aa Gym: Membongkar Aib Diri Sendiri

-Kajian-113 views

IMEDIACYBER | Sebuah video nasihat positif dibagikan penceramah kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Video berdurasi 1 menit tersebut diunggah Aa Gym di akun Instagram @aagym pada Sabtu, 1 Agustus 2020.

Diketahui, pada Minggu (2/8/2020) pukul 20.00 WIB, video berjudul ‘Membongkar Aib Diri Sendiri’ tersebut telah ditonton oleh 228.046 orang dan disukai oleh 21.152 orang.

Nah, untuk para pembaca setia IMEDIACYBER, berikut ini redaksi sampaikan isi daripada nasihat Aa Gym tersebut:

Orang itu kalau bicara itu seperti membuka pintu. Semakin kita banyak bicara pintu itu semakin terbuka sehingga ketahuan isi rumahnya, barang-barangnya, berantakannya, kekotorannya.

Sebetulnya kalau kita ingin mengetahui seseorang jangan dengan niat buruk, kita duduk dan dengarkan saja. Nanti orang itu akan bicara, makin banyak bicara sebetulnya makin menjelaskan siapa dirinya, kesombongannya, ujubnya, riyanya, kemudian dengkinya.

Banyak yang akan nampak. Mangkanya kalau ngobrol itu yang paling bagus banyak mendengarkan daripada banyak bicara yang akhirnya bicara tidak hati-hati malah membuat kita jadi rugi. Tatapi kalau kita menyimak lebih banyak, kita dapat banyak pelajaran.

Pada unggahan video nasihat tersebut, Aa Gym juga menulis nasihat serupa.

“Bahaya Banyak Bicara. Sahabat yang baik, sebagai seorang muslim pilihan kita dalam berbicara hanyalah ada dua, berbicara baik atau diam,” tulis Aa Gym pada unggahan video.

“Maka lebih baik, banyak mendengarkan akan menambah ilmu lebih banyak, daripada banyak bicara sia-sia yang akan membuat rugi diri sendiri,” demikian tutup Aa Gym. [ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed