by

Aa Gym: Cerita Hikmah Emas dan Tanah

-Kajian-100 views

IMEDIACYBER | Melalui akun Instagram miliknya, ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) bercerita penuh hikmah perbincangan emas dan tanah. Cerita bentuk video tersebut dibagikannya pada Kamis, 13 Austus 2020.

Berikut ini ceritanya:

Ada perbincangan antara emas dan tanah.

Emas berkata pada tanah,
“Hey tanah, lihatlah aku begitu berharga, penampilanku berkilau-kilau, sangat mempesona. Dan orang pun sangat menyukai diriku. Bagaimana dengan keadaanmu, tanah?”

Lalu tanah mengatakan,
“Kalau aku sih biasa saja, tidak ada kilau-kilau. Bahkan sering diinjak.
Tatapi pada diriku ini banyak benih-benih yang tumbuh menjadi pohon. Pepohonannya rindang bisa meneduhkan, berbunga dengan bunga yang indah, berbuah, buah yang manfaat.
Banyak orang yang merasakan nikmat makan karena makanannya tumbuh di atas tanah.
Walaupun kami tidak nampak indah, tetapi mudah-mudahan setiap saat, kami bisa memberikan manfaat.

Kemudian Aa Gym mengatakan, ini adalah sebuah perumpamaan saja, betapa banyak yang berkilau dengan harta, gelar, pangkat, jabatan, penampilan sehingga dikagumi. Tapi manfaatnya tidak banyak.

Tetapi, tanya Aa Gym, berapa banyak orang yang biasa saja, tidak terlihat karena popularitasnya, gelarnya, karena pangkatnya, karena jabatannya atau karena penampilannya, tetapi bisa berbuat manfaat.

“Menebar kebaikan dari raut muka, tutur kata maupun hartanya yang tidak seberapa atau tenaga,” pungkas Aa Gym.

Aa Gym juga menyebutkan, ada hadist seperti ini: “Sesungguhnya Alloh tidak melihat rupa dan hartamu tetapi Alloh melihat hati dan amal-amalmu.” (HR Bukhori).

“MasyaAlloh… Setelah mendengar kisah perbicangan antara emas dan tanah ini, apa hikmah yang Sahabat dapatkan??” demikian Aa Gym menutup cerita tersebut. [ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed