by

Inilah Faidah yang Bisa Diambil dari Tahun Baru Hijriyah

-Ragam-82 views

IMEDIACYBER | Melalui akun Instagram miliknya, Syekh Ali Jaber mengucap syukur karena telah memasuki Tahun Baru Hijriyah. Hal tersebut disampaikannya pada Rabu, 19 Agustus 2020.

“Alhamdulillah kita telah memasuki Tahun Baru Hijriyah 1 Al Muharram 1442 Hijriyah,” demikian unggahan Syekh Ali Jaber.

“Semoga dengan spirit tahun yang baru, Allah memudahkan kita untuk berhijrah menuju kebaikan,” lanjut unggahan Syekh Ali Jaber.

Menyertai unggahan, Syekh Ali Jaber berkata hendaknya setiap muslim menjadikannya momentum untuk berbenah diri.

Menurut Syekh Ali Jaber, ada beberapa faidah yang bisa kita ambil dari tahun baru hijriyah ini, diantaranya:

  • Nabi Muhammad yang melakukan hijrah dari Mekkah ke Yatsrib (Madinah) dalam menyebarkan kebaikan menjadikan momentum bagi kaum Muslimin untuk selalu berhijrah meninggalkan kemaksiatan dan mengistiqomahkan diri pada kebaikan
  • Bulan Al Muharram adalah Syahrullah (Bulan Allah). Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut (Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Al Muharram & Rajab) sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif)
  • Awal tahun menjadi momentum untuk muhasabah diri terkait sisa umur kita di dunia ini, Hasan Al Bashri mengatakan, “Wahai manusia, sesungguhnya kalian hanya memiliki beberapa hari. Tatkala satu hari hilang, akan hilang pula sebagian darimu.” Hilyatul Awliya’, 2/148

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed