by

Inilah Tanggal Penting Bulan Muharram

-Kajian-89 views

Catat tanggal penting bulan Muharram! Demikian bunyi unggahan Instagram KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Kamis (27/8/2020).

“Catat tanggalnya dan jangan lewatkan yaa,” tulis ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat tersebut.

Berikut ini adalah sejumlah tanggal peting bulan Muharram:

  • 10 Muharram: Puasa Asyura – “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab. “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim no.1162).
  • 9 Muharram: Puasa Tasu’a – Kenapa sebaiknya menambahkan dengan hari kesembilan untuk berpuasa? Kata Imam Nawawi rahimahullah, para ulama berkata bahwa maksudnya adalah untuk membedakan dengan ahli kitab.
  • 13-15 Muharram: Puasa Ayamul Bidh – dari Hurairah RA, ia berkata, Kekasihku (Rasulullah SAW) mewasiatkan padaku tiga nasihat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan sholat Dhuha, (3) megerjakan sholat Witir sebelum tidur. (HR Muslim no.1162).

Aa Gym juga mengutip hadist lainnya, yakni: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadan adalah puasa pada bulan Allah – Muharam. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.” (HR Muslim, No 1163).

“Mention teman-teman yang lain di komen, ajak untuk berpuasa karena keutamannya sangat luar biasa,” tutup Aa Gym.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed