by

Hidupkan Hati dengan Melihat kepada yang Lebih Rendah

-Kajian-84 views

IMEDIACYBER | Ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) meminta netizen untuk hidupkan hati dengan melihat kepada yang lebih rendah.

Aa Gym pu berkata, Rosululloh bersabda: “Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada si atasmu, karena yang demikian lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Alloh yang telah diberikan kepadamu” HR Al Bukhari.

Lebih lanjut Aa Gym menyampaikan, salah satu cara menghidupkan hati dengan senantiasa melihat orang yang berada di bawah kita dalam masalah kehidupan dunia dan mata pencaharian.

“Agar kita mensyukuri nikmat yang Alloh berikan. Agar kita bisa hidup Qonaah (senantiasa merasa cukup) dengan apa yang telah Alloh karuiakan kepada kita, tanpa perasaan iri dengki terhadap manusia,” jelas Aa Gym.

Spirit Al Hayy, lanjut Aa Gym, Alloh yang menghidupkan hati para hambanya.

Menurut Aa Gym, Allah mempunyai Asmaul Husna – AL Hayyu, Allah yang maha menghidupkan hati para hambanya.

Peka terhadap sekitar, sambung Aa Gym, melihat kepada yang lebih rendah, empati dan peduli, akan membuat kita lebih bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dan membuat hati kita lebih hidup lagi lembut.

“Ayoo sama-sama melatih diri. Sedikit demi sedikit agar bisa mendapatkan hati yang lembut,” demikian tutup Aa Gym.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed