by

UAS Minta Netizen Jauhi Riya’

-Kajian-56 views

IMEDIACYBER | Melalui Instagram, Minggu (13/9/2020), Ustadz Abdul Somad yang akrab disapa UAS meminta kita untuk jauhi riya’.

Lebih lanjut UAS mengatakan, Allah tidak suka dan tidak mau menerima amalan orang-orang yang berbuat kebaikan karena mengharapkan pujian dari makhluk.

“Allah mau setiap hamba hanya berbuat karena mengharapkan pahala dan ridha dari Dia,” pungkas UAS.

“Dia akan tolak bahkan dilemparkan catatan amalan orang-orang yang riya’. Malaikat heran, “kami tengok amalan mereka baik semua ya, Allah.” Allah jawab, “Semua amalan yang mereka buat bukan karena Aku!”,” sambung UAS.

Menurut UAS, orang-orang yang menampakkan niat buruk dalam beramal (riya’) ketika dunia, saat berkumpul di Padang Mahsyar, Allah akan umumkan kepada seluruh manusia niat buruk itu. Allah tampakkan. Semua manusia akhirnya tahu niat buruk yang tersembunyi selama di dunia. Dia pasti malu.

“Ya Allah, jangan Engkau permalukan kami saat berkumpul di Padang Mahsyar nanti. Amin,” demikian doa UAS.

Riya’ itu, tutur UAS, bagian dari syirik kepada Allah. Sangat sulit mendeteksinya dan sedikit orang yang menyadari. Agar terlindung dari perbuatan riya’, Rasulullah ajarkan umatnya do’a, diantaranya;

Artinya:
“Ya Allah kami berlindung kepada Engkau dari menyekutukan Engkau dengan cara yang kami ketahui dan kami mohon ampun kepada Engkau dari menyekutukan Engkau yang tidak kami ketahui.”

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed