by

UAS: Tebus Gadai Anak dengan Aqiqah

-Kajian-71 views

IMEDIACYBER | Tebus Gadai Anak dengan Aqiqah. Hal tersebut disampaikan Ustadz Abdul Somad (UAS) melalui Instagram, Sabtu (19/9/2020).

Menurut UAS, setiap anak yang lahir tergadai. Untuk menebus gadaian itu, kata UAS, semblihkan kambing sebagai aqiqah anak pada hari ke tujuh.

Lebih lanjut UAS menyebutkan, aqiqah anak laki-laki lebih baik dengan 2 ekor kambing dan anak perempuan dengan 1 ekor kambing.

“Boleh pula digabungkan pelaksanaan aqiqah dengan menyembelihkan sapi,” pungkas UAS.

Pada hari ke tujuh, sambung UAS, sekalian aqiqah, cukurlah rambutnya.

“Lalu rambut ditimbang, kemudian bersedekah seberat rambut dengan perak. Bersedekah dengan emas lebih baik. Bila berat rambut keseluruhan 5 gram, bersedekahlah dengan 5 gram perak kepada fakir dan miskin,” terang UAS.

Kemudian, pungkas UAS, beri pulalah nama yang baik kepada anak saat aqiqah. Diantara nama yang terbaik, nama yang dinisbahkan sebagai penghambaan kepasa Allah, contoh Abdullah, Abdurrahman, Abdul Somad, dan lain-lain. Atau berikan nama para Nabi/Rasu. Boleh juga pakai nama malaikat, serta tidak mengapa memakai nama-nama orang sholih.

“Mudah-mudahan anak yang baru lahir ini menjadi orang baik di masa depan, berkah dari nama orang-orang baik yang dinisbahkan kepada anak, tutur UAS.

Dikatakan UAS, masyarakat yang hadir aqiqah sebenarnya bukan untuk pergi makan kambing, tetapi ingin merenungkan/mengingat kelahiran, agar semakin bersyukur dengan rahmat Allah yang sangat banyak sejak awal wujud kita di dunia. Banyak betul orang-orang yang telah berbuat kepada kita, terutama orangtua.

“Jangan pernah lupa. Hutang emas dapat dibayar, hutang budi dibawa mati,” demikian tutup UAS.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed