by

Karyawan PT Asiaplast Industries Mogok Kerja Dampak Arogansi Perusahaan

-Ekonomi-42 views

IMEDIACYBER | Tangerang – Karyawan PT Asiaplast Industri Tbk, ahirnya mogok kerja karena sampai hari ini pihak perusahaan belum ada itikat baik untuk menjalankan aturan UU No 13 th 2003 pasal 166 terkait karyawan yang meninggal dan perusahaan tidak menjalankan kewajibannya memberikan hak karyawan yang sudah diatur dalam undang undang, rabu 07 oktober 2020 .

PT Asiaplast Industries Tbk yang beralamat jl . KH. Mustaqim ( santoso ) desa gembor kecamatan priok kota Tangerang, Banten.

Agus Muhamad ( Alm ) Karyawan perusahaan PT Asiaplast IndustriesTbk, bekerja selama 20 tahun 6 bulan, yang meninggal dunia saat jam istirahat, perusahaan hanya memberikan uang kebijakan sebesar Rp 20.000.000 , ( duapuluh juta rupiah ) padahal jelas dalam UU no 13 Th 2003 pasal 166 yaitu dalam hal hubungan kerja berahir karena pekerja/buruh meninggal dunia ahli waris diberikan sejumlah uang yang besaran perhitungannya sama dengan perhitungan 2 ( 2 ) pesangon sesuai dengan ketentuan pasal 156 ayat ( 2 ), 1 ( 1 ) kali uang penghargaan masa kerja sesuai dengan ketentuan pasal 156 ayat ( 3 ) uang penggantian hak sesuai dengan pasal 156 ( 4 ).

Ketua PUK.SP.KEP.SPSI Andri Hambali menyampaikan kepada awak media selaku pendamping ahli waris menyampaikan sudah dua kali malakukan bipartit ke menagement perusahaan tetapi belum ada itikat baik dari pihat perusahaan untuk selesaikan permasalahan ini, agar menjalankan aturan yang ada, dan ahirnya PUK. SP. KEP. SPSI melayangkan surat somasi, dengan NO : 004/PUK.SP.KEP/SPSI/SOM/KOTANG/1X/2020, dan di tembuskan ke Dinas tenaga kerja kota Tangerang, Polrest Metra Kota Tangerang, PT Asiaplast Industries tbk, Polsek jati uwung, DPD SPSI, DPC SPSI, dengan harapan ada itikat baik dari perusahaan untuk memberikan hak Alm, jelasnya

Dalam undang undang No 13 Th 2003 Tentang ketenaga kerjaan pasal 166 yaitu, Dalam hal hubungan kerja berahir karena pekerja atau buruh meninggal dunia kepada ahli warisnya diberikan sejumlah uang yang besaran perhitungannya sama dengan perhitungan 2 (2) kali pesangon sesuai dengan ketentuan 156 ayat (2) 1 ( satu ) kali uang penghargaan masa kerja sesuai dengan ketentuan pasal 156 ayat 3 uang penggantian hak sesuai dengan pasal 156 ( 4 )lebih jelasnya.

Lugito selaku orator dari masa aksi yang tergabung di DPD KSPSI Banten menyampaikan ini adalah bentuk penindasan yang di lakukan oleh management yang mana karyawannya yang meninggal tidak di berikan hak 2 kali ketentuan yang sudah di atur dalam undang undang, disampaikan juga bahwa semua buruh yang tergabung dalam SPSI untuk ikut serta membantu perjuangan PT Asiaplast Industries Tbk.

Disampaikan juga terkait permasalahan yang ada di PT Asiaplast Industriest Tbk, meminta aparat penegak hukum khususnya kepolisian dan dinas pengawasan ikut ikut membantu menyelesaikan permasalahan ini, karena surat somasi yang di layangkan oleh PUK di tembuskan kemereka,”tandasnyAgus Karyanto. [HENDRAJAYA]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed