by

Aa Gym: Ridha pada Apa yang Terjadi

-Kajian-51 views

IMEDIACYBER | Sahabatku, salah satu kiat agar kita mampu menghadapi persoalan hidup adalah ridha pada apa yang terjadi. Hal tersebut disampaikan ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) melalui Instagram, Rabu (7/10/2020).

Lebih lanjut Aa Gym mengatakan, ridha terhadap apa yang akhirnya terjadi atau ridha pada hasil yang akhirnya kita terima setelah usaha yang kita lakukan.

“Mengapa kita harus ridha? Karena kalau tidak ridha pun kejadian yang sudah terjadi tetap terjadi, hasil yang sudah kita terima tetap kita terima,” jelas Aa Gym.

Menurut Aa Gym, ridha bukanlah pasrah begitu saja. Ridha adalah keterampilan kita untuk realistis menerima kenyataan. Hati menerima, pikiran dan fisik berikhtiar memperbaiki diri sehingga bisa menemui kenyataan yang lebih baik lagi.

Oleh karena itu, kata Aa Gym, peristiwa apa pun yang terjadi di dalam hidup kita, marilah kita hadapi dengan ridha: terima dengan lapang dada tanpa berkeluh kesah dan yakini bahwa segala yang terjadi ada dalam kekuasaan Allah Swt.

“Tidak ada kejadian apa pun yang luput dari pengetahuan dan kekuasaan-Nya. Sekalipun peristiwa tersebut tidak sesuai dengan harapan kita, bahkan cenderung pahit untuk diterima. Ridha adalah sikap terbaik agar ujian tersebut berbuah berkah bagi kita,” terang Aa Gym.

Aa Gym menyebutkan, bersikap ridha itu seperti menanak nasi tapi terlalu banyak air sehingga beras yang kita tanak malah menjadi bubur. Menghadapi kenyataan seperti ini, sambung Aa Gym, maka sikap terbaik kita bukanlah menggerutu atau marah-marah, melainkan bersikaplah ridha sembari mencari daun seledri, kacang kedelai, dan suwiran daging ayam, lalu ditambahi kecap dan kerupuk.

“Maka, jadilah bubur ayam spesial,” pungkas Aa Gym.

Kemudian Aa Gym juga menuturkan. ridha akan membuat hidup kita lebih nyaman dan lapang. Bukankah kita ingin Allah SWT ridha kepada kita? Jalannya adalah bersikap ridha pada apa pun keputusan-Nya.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang ridha ( pada ketentuan Allah ), maka Allah akan ridha kepadanya.” (HR. Tirmidzi)

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed