by

Jokowi: Strategi Baru Industri Pertambangan Nasional Harus Konsisten

-Nasional-57 views

IMEDIACYBER | Paradigma dan strategi baru industri pertambangan nasional yang bergeser dari pengekspor bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi (hilirisasi industri) harus konsisten dijalankan.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo melalui Instagram, Jumat (23/10/2020).

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, untuk itu, pengembangan industri turunan dari bahan-bahan mentah tersebut, khususnya batu bara, di Tanah Air harus menjadi prioritas dan segera dilaksanakan.

“Itulah yang saya sampaikan pada rapat terbatas mengenai percepatan peningkatan nilai tambah batu bara melalui konferensi video hari ini dari Istana Bogor,” pungkas Jokowi.

Kita harus bergerak, tambah Jokowi, untuk pengembangan industri turunan dari batu bara ini, dari industri peningkatan mutu, pembuatan briket batu bara, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara, sampai dengan campuran batu bara air.

Menurut Jokowi, industri turunan akan meningkatkan nilai tambah komoditas batu bara hingga berkali-kali lipat, sekaligus mengurangi impor bahan baku yang dibutuhkan beberapa industri dalam negeri.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, kita bisa membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya dengan adanya industri turunan ini,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed