by

Diundang Ta’ziyah? UAS: Datanglah

-Kajian-59 views

IMEDIACYBER | Bila Ada Undangan Ta’ziyah, Datanglah! Hal tersebut disampaikan ulama Indonesia, Ustadz Abdul Somad (UAS) melalui Instagram, Selasa (27/10/2020).

Menurut UAS, banyak manfaat ta’ziyah. Diantara manfaat ta’ziyah, kata UAS, peringatan Maulid Nabi, peringatan Isra’ Mi’raj, dan berbagai bentuk walimah lainnya adalah untuk menjadi media silaturrahim.

“Upayakanlah datang bila ada undangan-undangan, agar bisa bersilaturahim,” tutur UAS.

UAS juga menyebutkan jangan sampai tinggalkan membaca surat Yasin, karena banyak peringatan penting di dalamnya, agar selalu ingat mati dan perjalanan manusia setelah mati. “Berat untuk dilalui,” tukas UAS.

Setelah membaca Yasin, sambung UAS, bertawassullah dengannya untuk hajat yang hendak dituju, termasuk untuk para almarhum yang sudah wafat. Karena kata Imam Abu al-Fida’ Ibnu Katsir tidaklah seorang membaca surat Yasin kecuali hajatnya dimudahkan Allah!

Dalam acara yasinan, kata UAS, elok bila dikupas makna-makna surat Yasin, agar interaksi jamaah dengan Yasin tidak sekedar membaca menurut orang tua-orang tua membaca.

“Bahwa mereka bisa membaca Yasin lebih baik dan lanjut lagi dengan mengajarkan tafsirnya supaya umat paham makna surat Yasin,” ungkap UAS.

“Orang yang sudah mati banyak yang ingin hidup lagi agar bisa beramal dan amal yang paling diharapkannya adalah shadaqah. Karena banyak sekali faidah sedekah bagi yang sudah mati,” demikian tutup UAS.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed