by

Indonesia Ajukan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

-Ragam-48 views

IMEDIACYBER | Sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018, Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Instagram, Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, untuk pencalonan ini, kita bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, RRT, dan India.

“Penentuan tuan rumah ini akan ditetapkan di 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023,” jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menetapkan norma baru untuk tuan rumah Olimpiade yang lebih sederhana dan hemat biaya. “Ini sesuatu yang baik,” pungkas Jokowi.

Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan kemewahan, tambah Jokowi, tetapi kreativitas dan inovasi, lebih hemat biaya dan sederhana.

Pencalonan jadi tuan rumah Olimpiade bukanlah untuk gagah-gagahan, sambung Jokowi, melainkan salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa.

“Karena itu, pencalonan ini harus dijadikan sebagai momentum untuk menata diri, memperbaiki yang selama ini masih kurang, dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, visibilitas global sebagai kota penyelenggara, dan sebagainya,” demikia tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed