by

Jokowi Sebut Pemerintah Telah Terima 1,2 Juta Vaksin Sinovac

-Berita-76 views

IMEDIACYBER | Alhamdulillah, pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin pencegah Covid-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus lalu.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Instagram, Senin (7/12/2020).

Lebih lanjut Jokowi menyebutkan, pada awal Januari 2021 nanti, pemerintah juga mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin.

Selain dalam bentuk jadi, kata Jokowi, pemerintah akan mendatangkan 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku pada bulan ini dan 30 juta dosis pada bulan Januari 2021. Vaksin-vaksin dalam bentuk bahan baku ini akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin.

Kendati begitu, Jokowi menuturkan, untuk memulai vaksinasi kita masih memerlukan tahapan-tahapan yang ketat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Seluruh prosedur ilmiah persiapan vaksinasi harus dilalui dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut.

“Pertimbangan ilmiah serta hasil akhir uji klinis akan menentukan kapan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan,” terang Jokowi.

Terakhir, sambung Jokowi, meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita untuk bisa melewati ujian wabah ini,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed