by

Sudah Berdoa Tapi Tidak Dikabulkan? Ini Nasihat Aa Gym

-Kajian-45 views

IMEDIACYBER | Sudah berdoa? Tapi tidak dikabulkan? Hal tersebut disampaikan ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) melalui Instagram, Kamis (17/12/2020).

Sahabat yang baik, kata Aa Gym, Allah adalah pencipta kita, Allah yang memiliki kita, dan Allah Mahatahu segala permasalahan dan keperluan kita.

Kemudian Aa Gym mengutip sebuah hadits: “Sesungguhnya, Allah itu Maha Pemalu lagi Mahamulia. Dia malu apabila ada seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya sambil memohon kepada-Nya, Dia mengembalikannya dengan tangan hampa (Allah malu apabila tidak memberikan apa yang dimintanya)” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibunu Majah).

Aa Gym pun meminta warganet untuk jangan berburuk sangka kepada Allah, jika ada permohonan atau kebutuhan yang kita rasa terlambat terpenuhi.

“Jangan kita berburuk sangka kepada Allah. Jika suatu saat kita berdoa dan berusaha sekuat tenaga, tetapi harapan kita masih belum terwujud juga,” tutur Aa Gym.

Ingat saudaraku, ujar Aa Gym, tidak masalah doa kita terlambat dikabulkan. Toh, keterlambatan pun hanyalah penilaian pada kita saja sebagai mahluk.

“Hal yang menjadi masalah adalah jika kita terlambat shalat pada awal waktu, pelit sedekah, malas tilawah Al-Quran, terlambat menolong orang lain,” jelas Aa Gym.

Menurut Aa Gym, lebih baik ketika kita merasa ada yang telat dari Allah, segera kita periksa apa yang telat dari diri kita.

“Allah Mahatahu kita sedang memperbaiki diri. Yakinlah semua ini tidak akan sia-sia dihadapan-Nya. Allah akan membalas semua itu dengan kebaikan yang tiada pernah kita bayangkan,” pungkas Aa Gym.

“Boleh jadi Allah membalasnya dengan berbagai kebaikan yang bahkan tidak kita sadari ternyata sudah kita terima,” lanjut Aa Gym.

Ingatlah saudaraku, sebut Aa Gym, Allah Al-Mujib, Zat Yang Maha Mengabulkan Permohonan. Artinya, tidaklah kita memohon kepada-Nya, kecuali Dia akan mengabulkannya dengan pengabulan terbaik, baik itu caranya atau prosesnya.

“Yakinlah Allah akan membalas seluruh ikhtiar kita dengan kebaikan yang tiada pernah kita bayangkan. Bahkan, boleh jadi Allah membalasnya dengan berbagai kebaikan yang bahkan tidak kita sadari ternyata sudah kita terima,” demikian tutup Aa Gym.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed