by

Aa Gym: Kesabaran Adalah Kunci Kemuliaan dan Kemenangan

-Kajian-122 views

IMEDIACYBER | Meraih derajat mulia dengan ilmu sabar. Hal tersebut disampaikan ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam Dakwah Digital melalui Instagram, Jumat (31/12/2020).

“Kita hidup di dunia ini pasti akan berjumpa dengan sedikit saja musibah, kejadian yang tidak menyenangkan bagi kita,” kata Aa Gym.

Kenapa dikatakan sedikit? Aa Gym menyebutkan, karena jika dibandingkan dengan karunia nikmat dari Allah, masih jauh lebih banyak karunia nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Kemudian Aa Gym mengutip sebuah terjemahan ayat Al-Quran: “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS Al-Baqarah [2]:155).

Sahabat yang baik, tutur Aa Gym, Allah SWT menyediakan limpahan rahmat dibalik setiap musibah. Akan tetapi, tidak semua orang mampu menemukan limpahan rahmat tersebut. Hanya orang-orang sabar yang bisa menemukan dan merasakan nikmatnya.

Menurut Aa Gym, sabar itu tampak pada “pukulan” pertama. Kita disebut sabar ketika musibah datang menimpa, kita langsung berserah diri kepada Allah.

Tetapi jika saat datang musibah yang kita lakukan adalah sibuk menggerutu, mengutuk, marah-marah kemudian sibuk menyalahkan orang lain. Kemungkinan besar ini adalah tanda kita masih perlu banyak memperbaiki diri, khusunya dalam hal kesabaran.

“Kesabaran adalah kunci kemuliaan dan kemenangan,” pungkas Aa Gym.

“Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang mampu bersabar sehingga mendapatkan derajat mulia dihadapan Allah Azza wa Jalla. Aamin Yaa Robbal Aalamiin,” demikian tutup Aa Gym.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed