by

Inilah Arahan Jokowi dalam Rapat Paripurna

-Nasional-42 views

IMEDIACYBER | Saya ingin menyampaikan arahan Bapak Presiden @jokowi pada Rapat Paripurna di Istana Negara. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno melalui Instagram, Rabu (6/1/2021).

“Pertama adalah fokus pada penanganan kesehatan,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, ini adalah kunci kebangkitan kita di 2021 terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Alhamdulillah, sambung dia, vaksin akan mulai didistribusikan, tapi selagi menunggu itu, kita harus totalitas dalam menerapkan protokol kesehatan.

Kedua, kata dia, Bapak Presiden memberikan arahan agar investasi yang berkaitan dengan berbagai sektor ekonomi kreatif dipermudah. Investasi ini tentunya untuk menggerakkan kembali dunia usaha dan membuka lapangan kerja bagi pengusaha-pengusaha yang jeli melihat peluang.

Kemudian yang ketiga terkait Sovereign Wealth Fund (SWF) yang bernama Indonesia Investment Authority (INA).

Sebagai informasi, INA merupakan lembaga pengelola investasi yang akan mengelola dana investasi. Ini bisa kita manfaatkan untuk menyiapkan potensi-potensi investasi karena sumber pendanaan yang selama ini menjadi andalan dari sektor pariwisata tentunya terbatas, dan bergantung dari APBN.

Selanjutnya, tutur Sandiaga, Bapak Presiden menggarisbawahi pembangunan SDM. Bagaimana SDM kita bisa menjadi fondasi yang kokoh untuk pembangunan bangsa.

Disebutkan Sandiaga, beliau juga menyinggung masalah pameran. Banyak pameran yang dilakukan oleh kementerian dan lembaga yang kurang efektif. Ini memberikan persepsi kurang baik.

“Arahan beliau coret anggaran promosi, fokus pada promosi yang lebih memiliki efektivitas tinggi,” jelas Sandiaga.

Dari segi pangan, menurutnya, potensi agrowisata bisa lebih dikembangkan di berbagai daerah seperti di Humbang Hasundutan dan Belitung. Khusus pariwisata, lanjut dia, beliau menginginkan perbaikan 5 destinasi super prioritas dari segi produk pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, terkait wisata berbasis kesehatan. Kemenparekraf sedang siapkan produk wisata kesehatan berkelas dunia yang diharapkan dapat menjadi tren wisata baru pasca pandemi yang dapat membuka banyak lapangan kerja.

“Terakhir, terkait UU Cipta Kerja yang diharap mampu membawa investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” demikian tutup Sandiaga.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed