by

Gubernur Anies Ajak Donor Plasma Konvalesen

-Berita-68 views

IMEDIACYBER | Dengan semakin tingginya kasus Covid-19, maka banyak kerabat dan keluarga kita yang dirawat di Rumah Sakit dan tidak sedikit yang membutuhkan perawatan intensif.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Instagram, Jumat (8/1/2021).

Disebutkan Anies, terapi plasma konvalesen merupakan salah satu metode terapi yang efektif untuk membantu pemulihan penderita Covid-19. Pada berbagai kondisi, tutur Anies, terutama pada situasi pandemi di mana ada penyakit baru, maka dilakukan terapi dengan cara plasma konvalesen.

Menurut Anies, terapi plasma konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya. “Antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut,” jelas Anies.

Lebih lanjut mengatakan, dalam hal Covid-19, penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi. Plasma penyintas Covid-19 itu kemudian diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi virus corona.

Harapannya, sambung Anies, antibodi yang diberikan melalui plasma ini tadi, membantu untuk melawan infeksi yang sedang berjalan.

Berikut ini adalah alur donor plasma konvalesen:

  1. Hubungi Halo Donor Jakarta melalui chat WhatsApp di 0856-8864-678
  2. Calon donor mengirimkan data yang diperlukan
  3. Wawancara dan verifikasi data
  4. Penjadwalan donor jika lolos verifikasi
  5. Proses donor darah plasma konvalesen pukul 09.00-19.00 WIB

“Yuk bagi kamu yang telah sembuh dari Covid-19, ikut membantu orang lain untuk bisa sembuh dengan cara mendonorkan plasma konvalesen,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed