by

UAS Sampaikan Keutamaan Pohon Bidara

-Kajian-89 views

IMEDIACYBER | Dalam akun Instagram miliknya @ustadzabdulsomad_official, ulama terkenal Indonesia Ustadz Abdul Somad (UAS) terlihat mengunggah foto jalan lurus yang kemudian berbelok karena menghindari sebuah pohon yang tidak terlalu besar.

Foto tersebut diunggah UAS pada Rabu, 3 Februari 2021.

Menyertai unggahan foto, UAS mengutip sebuah hadits: “Siapa yang memotong sebatang pohon sidr (bidara), Allah sungkurkan kepalanya ke dalam api neraka” (HR Abu Daud).

Sepertinya, foto pohon yang diunggah UAS adalah foto Pohon Sidr (Bidara).

Sebagai informasi, Bidara, atau dalam bahasa arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari Arab, sejenis pohon kecil yang selalu hijau, penghasil buah yang tumbuh di daerah tropis serta Asia Barat dan dapat tumbuh di lembah-lembah sampai ketinggian 500 m dpl.

Terdapat beberapa jenis bidara yang banyak dikenal masyarakat yaitu Bidara Upas, Bidara Laut, Bidara Cina, Putsa/Apel India dan Bidara Arab/Sidr.

Bidara dapat digunakan untuk menangkal gangguan sihir/jin dalam prosesi rukyah dan keperluan lain sebagaimana sunnah nabi adalah Bidara Arab (Ziziphus spina-christi, karena Beliau (Nabi Muhammad SAW) menggunakan bidara ini di daerah Mekah dan Madinah.

Khasiat Daun Bidara secara ilmiah sudah terbukti banyak mengandung manfaat. Salah satu Manfaat daun bidara adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan. Bahkan rendaman daun bidara dapat melidungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV matahari.

Menurut Anthony C Dweck (Consultants on Natural Products to the Cosmetic, Toiletry and Pharmaceutical industry), komposisi kimia dari minyak daun bidara (Zizyphus spina-christi) yang diperoleh dengan menggunakan metode destilasi memiliki komponen utama: geranyl aseton (14,0 persen), metil hexadecanoate (10,0 persen), metil octadecanoate (9,9 persen), farnesyl aseton C (9,9 persen), hexadecanol (9,7 persen) dan etil octadecanoate (8,0 persen).

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed