by

Mie Gomak, Ikon Kuliner Khas Sumatera Utara

-Wisata-11 views

IMEDIACYBER | Setibanya di Bandara Silangit, Tapanuli Utara pagi tadi, langsung sarapan di Kafe Timbo. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno melalui Instagram, Jumat (19/2/2021).

Kemudian Sandiaga mencoba Mie Gomak, ikon kuliner khas Sumatera Utara yang telah dimanfaatkan oleh masyarakatnya untuk membuka lapangan kerja.

Menurut Sandiaga, mie gomak ini berasal dari bahasa Batak Toba, yaitu gomak, yang artinya mengambil dengan tangan.

“Ada yang sudah pernah mencoba masakan ini?,” demikian tutup Sandiaga.

Melansir dari laman Wikipedia, Mie Gomak adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba, meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli.

Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini beragam versi.

Sebagian menyebutkan, mungkin karena cara penyediaannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak, meskipun pada akhirnya tidak menggenggamnya dengan tangan di saat menghidangkannya.

Juga sering disebut Spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali, bentuknya mirip seperti lidi.

Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng. Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed