by

Gubernur Anies Mencoba Kopi Susu di Kedai Kopi Es Tak Kie: Rasanya Mantap

-Wisata-4 views

IMEDIACYBER | Sesudah mengunjungi Masjid Luar Batang dan Kampung Akuarium saat Subuh tadi, ingin mencari kopi sebelum ke Balaikota. Mencari yang dekat dan sudah buka pagi-pagi, teringat satu kedai kopi legendaris di daerah Glodok: Kopi Es Tak Kie.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Instagram, Senin (15/3/2021).

Berdasarkan cerita Anies, berawal dari sebuah warung tenda pinggir jalan (1927), lalu pindah ke sebuah rumah di Gang Gloria, Pancoran Glodok sejak 1940-an sampai sekarang, Kopi Tak Kie mempertahankan racikannya.

“Kedai kopi Tak Kie saat ini diurus oleh generasi ketiganya,” ujar Anies.

Sebagai informasi, sesuai arti namanya: Tak (orang yang sederhana) – Kie (tempat yang selalu diingat orang), menu kedai ini pun itu-itu saja, kopi hitam, kopi susu dan telur rebus.

“Pagi tadi saya mencoba kopi susunya. Rasanya memang mantap. :),” pungkas Anies.

Disebutkan Anies, pagi tadi jadi tambah mengesankan karena duduk ngopi ditemani Bu Aline dan Pak Ameng yang merupakan generasi ketiga. Menceritakan secara detail kisah perjalanan kedai kopi ini.

Menurut Anies, uniknya Kedai Kopi Tak Kie sengaja tidak menyajikan makanan dan mengizinkan pengunjungnya memesan makanan dari berbagai gerobak makanan sepanjang Gang Gloria. Ini adalah usaha mereka untuk berbagi rezeki dengan pedagang makanan lain di luar kedainya.

Anies mengatakan, Kedai Kopi Tak Kie buka dari jam 6.30 pagi sampai jam 2 siang saja. Jika teman-teman ingin ke sana silakan naik Transjakarta atau KRL turun di Stasiun Kota, dari sana berjalan kaki 15 menit untuk mencapai kedai ini.

“Oh ya, di warkop yang ini tidak ada yang mengira saya mirip Anies Baswedan. :),” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed