by

Jokowi Ceritakan Masyarakat yang Berhasil dari Program Kartu Prakerja

-Ekonomi-10 views

IMEDIACYBER | Stevenly Rio Loginsi kehilangan pekerjaannya sebagai satpam, setelah tempat kerjanya di Sulawesi Utara ditutup saat pandemi melanda Indonesia. Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial Instagram, Rabu (17/3/2021).

Demi menghidupi diri dan keluarga, kata Jokowi, ia sempat bekerja menarik ojek online, sampai pada Mei tahun lalu, ia memperoleh informasi mengenai program Kartu Prakerja.

“Ia langsung tertarik, lalu mendaftar, dan ternyata diterima,” jelas Jokowi.

Singkat cerita, lanjut dia, dari pelatihan pemasaran yang diikutinya melalui Kartu Prakerja, Rio telah punya bekal dan memetik hasilnya.

“Ia kini telah bekerja di sebuah perusahaan operator seluler,” pungkas Jokowi.

Menurut Jokowi, apa yang dialami Rio dan para penerima Kartu Prakerja lainnya dapat menjadi pelajaran dan jadi model untuk terus meningkatkan keterampilan. Apabila situasi pandemi telah berlalu, tutur Jokowi, akan lebih banyak peluang kerja dan usaha yang terbuka.

Disebutkan Jokowi, program Kartu Prakerja pada tahun 2020 lalu menjangkau 5,6 juta penerima dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

“Program tersebut digulirkan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing. Dalam pelaksanaannya tahun ini, program Kartu Prakerja juga diarahkan untuk mendorong kewirausahaan para penerima,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed