by

Jokowi Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Kota Makassar

IMEDIACYBER | Kota Makassar, Sulawesi Selatan kerap diterjang banjir, salah satunya akibat meluapnya Sungai Tallo bagian hilir. Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial Instagram, Kamis (18/3/2021).

Itulah sebabnya, tutur Jokowi, sejak tahun 2016, pemerintah membangun Kolam Regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Maros, di daerah aliran Sungai Tallo.

Siang tadi, kata Jokowi, kolam dengan luas genangan 83,93 hektare dan berkapasitas tampung 2,74 juta meter kubik itu akhirnya saya resmikan setelah lima tahun pembangunan.

Menurut Jokowi, Kolam Regulasi Nipa-Nipa akan bekerja dengan menyimpan air untuk sementara waktu selama puncak banjir dan mengalirkannya kembali ke hilir Sungai Tallo. Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga akan melakukan normalisasi Sungai Tallo dan membangun tanggul sepanjang tiga kilometer pada tahun 2022 mendatang.

“Saya berharap infrastruktur tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya dukung dan kemajuan di Provinsi Sulawesi Selatan,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed