by

Webinar Bersama WHO, Anies Berbagi Strategi Vansinasi Covid-19

-Berita-15 views

IMEDIACYBER | Berbagi strategi vaksinasi COVID-19 di Jakarta dalam C40 Mayoral Webinar bersama World Health Organization (WHO) tadi malam. Demikian disampaikan Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Instagram, Kamis (18/3/2021).

Kata Anies, C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim.

Turut hadir dalam webinar semalam dari pihak WHO antara lain, Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Penentu Kesehatan Masyarakat, Lingkungan dan Sosial Dr Maria Neira, dan Penasihat Gender dan Pemuda untuk Direktur Jenderal WHO, Diah Saminarsih.

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memiliki target vaksinasi sebanyak 8,8 juta orang yang berdomisili di Jakarta ditambah 1,2 juta tenaga kerja dari luar Jakarta. Target vaksinasi untuk kelompok prioritas adalah 3 juta orang dan diharapkan selesai pada Juni 2021 serta masyarakat lainnya akan divaksinasi mulai Juli 2021.

Anies menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab untuk melatih para pemberi vaksin, memelihara pasokan rantai dingin (cold chain), mendorong masyarakat untuk divaksinasi, dan memastikan mobilisasi kelompok rentan ke pusat vaksin.

Bersama Kementerian Kesehatan dan swasta, tutur Anies, Pemprov DKI Jakarta menginisiasi strategi program penyebaran vaksinasi dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Kita memanfaatkan semua rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor pemerintahan, gedung pertemuan, dan balai olah raga untuk vaksinasi,” tukas Anies.

Lanjut Anies, sasaran kita adalah mencapai 150.000 vaksinasi setiap hari dengan menerapkan vaksinasi berbasis komunitas untuk vaksinasi yang berkeadilan (menjangkau seluruh kalangan), Untuk itu, kata Anies, kami menjalankan beberapa aksi dengan memobilisasi lingkungan (RT/RW) dan mengirimkan pesan harian untuk menginformasikan target vaksinasi.

Anies juga menjelaskan, kami mendorong walikota dan gubernur lain dari seluruh dunia untuk bekerja sama dengan WHO untuk pembentukan Jaringan Kota Global untuk Kesiapsiagaan Darurat Kesehatan dan mendukung COVID-19 Vaccines Global Access (COVAX).

“Koordinasi tingkat global dan nasional untuk penyebaran dan distribusi vaksin yang efektif, sangat penting untuk mencapai visi bersama untuk proses pemulihan yang berkeadilan,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed