by

Presiden Jokowi Resmikan SPAM Umbulan

-Berita-56 views

IMEDIACYBER | 4.000 liter per detik! Itulah kapasitas penyaluran air bersih yang diolah dari Mata Air Umbulan di Pasuruan, Jawa Timur.

Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial Instagram, Senin (22/3/2021).

Dengan kapasitas sebesar itu, kata Jokowi, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan menyuplai air bersih kepada PDAM-PDAM di Kota Surabaya, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, dan PDAB Jawa Timur.

“Dari perusahaan daerah air minum, air bersih dari Mata Air Umbulan ini kemudian secara bertahap disalurkan ke rumah-rumah warga,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebutkan, pembangunan SPAM Umbulan mulai dikerjakan tahun 2017. Selama masa pembangunan, lanjut Jokowi, pemerintah memasang pipa transmisi air baku sepanjang 93 kilometer, rumah pompa, unit offtake, dan reservoir di lima kabupaten/kota.

Alhamdulillah, hari ini, tutur Jokowi, SPAM Umbulan telah saya resmikan. Meski demikian, sambung dia, pekerjaan besar masih belum berhenti.

“Pekerjaan selanjutnya masih ada yakni menyalurkan air bersih tersebut hingga ke rumah-rumah tangga agar dampak pembangunan ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed