by

Hari Air Sedunia, Gubernur Anies Resmikan SPAM Mookervart

IMEDIACYBER | Semua mahluk hidup membutuhkan air, karena itu menghargai air adalah menghargai diri kita sendiri. Tanggung jawab kami di Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan kebutuhan air di Ibu Kota terfasilitasi dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Instagram, Selasa (23/3/2021).

Alhamdulillah, tutur Anies, pada Hari Air Sedunia tahun 2021 kita rayakan bersama dengan keberhasilan dan pencapaian berupa peresmian Sistem Pengolahan Air Minum Mookervart.

Menurut Anies, Kali Mookervaart dibangun pada tahun 1678-1689 untuk membagi aliran sungai Cisadane Tangerang dan menghubungkannya dengan kanal-kanal di kota Batavia untuk menambah suplai air serta pengendali banjir. Bahkan sempat menjadi jalur transportasi air dari Tangerang ke Batavia.

“Kali Mookervaart menjadi suplai air terbanyak untuk kota Batavia pada abad ke-18,” ujar Anies.

Tiga abad kemudian kita kembalikan fungsi kali ini, lanjut dia, sebagai sumber air bersih bagi warga Jakarta. Kapasitas produksi SPAM Mookervart sebanyak 10 lps akan melayani hingga 9.700 pelanggan.

Disebutkan Anies, SPAM Mookervart memiliki teknologi yang lengkap. Menggunakan Moving Bed Bio Reactor (MBBR) untuk mengolah polutan organik dan amoniak. Proses Ultra Filtration untuk memisahkan semua partikel seperti debu, bakteri, hingga virus. Untuk memisahkan garam serta sisa polutan lainnya menggunakan teknologi Reverse Osmosis (RO), sehingga menghasilkan air berkualitas tinggi yang dapat dikonsumsi, sesuai Permenkes 492 tahun 2010.

Anies mengklaim melihat sendiri prosesnya dan bagi Ibu/Bapak yang nanti memanfaatkan air ini, InsyaAllah airnya bukan hanya bersih tetapi airnya layak minum dan saya sudah minum dan Alhamdulillah airnya tidak berasa, tak berbau, segar, sepeti air minum kebanyakan.

Anies pun mengapresiasi atas keseriusan Dinas SDA DKI Jakarta dan PAM Jaya untuk memenuhi hajat hidup warga Jakarta.
“InsyaAllah kebutuhan air masyarakat Rusun Pesakih, Daan Mogot ini bisa terpenuhi dengan adanya instalasi ini,” pungkas Anies.

Kami berharap, kata Anies, SPAM Mookervart bisa dijadikan contoh, dapat dikembangkan, baik ukuran dan jaringannya dan Jakarta memiliki 100 danau untuk sumber air selain sungai.

“Apa yang sudah dikerjakan dapat dijadikan pelajaran, Insya Allah Jakarta jadi kota di mana semua warganya bisa mendapat akses air minum dengan baik,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed