by

Ketika Pemangku Jabatan Kompromi dengan Pemilik Bangunan Diduga Melanggar

-Polhukam-28 views

IMEDIACYBER | Aparat Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat sepertinya tidak hirau dengan pelanggaran peruntukan lahan rumah tinggal setinggi empat lantai diduga tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Jalan Green Garden Blok P4, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebonjeruk, Jakarta Barat. Mereka hingga kini tidak menangani pelanggaran tersebut.

Pasalnya, bangunan yang progresnya sudah sekitar 70 persen hingga kini tidak diberikan sanksi tegas upaya paksa bongkar. Bahkan, proyek bangunan tersebut terus berlangsung tanpa kendala. Tentu saja hal ini belum sesuai dengan Perda DKI No.7 tahun 1991 yang mengatur prosedur pendirian bangunan.

Jadi, muncul kesan, proyek bangunan tersebut dilindungi salah satu pemangku jabatan di Jakarta Barat atau diduga merupakan hasil kompromi dengan aparat terkait. Kelak akan diketahui apakah bangunan dengan fisik rumah tinggal itu merupakan rumah tinggal atau properti bisnis. Jadi masalah memang belum selesai.

Masih di Jakarta Barat, bangunan setinggi empat lantai berdiri di tengah pemukiman warga. Berdasarkan plang kuning yang terpampang, proyek bangunan tersebut memiliki izin rumah tinggal setinggi 3 lantai. Dan kini bangunan tersebut sudah mencapai 50 persen pengerjaannya.

Rasanya bangunan yang mencolok mata tersebut yang berdiri di tengah pemukiman warga bukan tanpa sebab dapat terus berjalan pembangunannya. Naga-naganya instansi terkait dalam hal ini Sudin Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat terkesan tutup mata. Dan dari penelusuran yang dilakukan imediacyber.net di lapangan, bangunan yang beralamat di Jalan Pakuwon Blok L No.1A, Jalan Jelambar Selatan XVII A RT 003 RW 009 Kelurahan Jelambar Baru, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat hingga kini belum pernah diberikan tindakan tegas.

Apapun, aparat pengawas seperti Inspektorat Pembantu Jakarta Barat maupun Inspektorat Provinsi DKI harus hirau terhadap perilaku buruk aparat terkait di bidang Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat. [herman]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed