by

Hari Film Nasional, Anies: Dunia Perfilman Terus Berkembang

IMEDIACYBER | Dunia perfilman terus berkembang. Salah satu jejak sejarah perfilman ditandai dengan kehadiran Bioskop Metropole, yang kini bernama Metropole XXI.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Instagram, Selasa (30/3/2021).

Yuk, kenali lebih dekat bioskop tertua di Jakarta ini lewat infografik berikut!

Selain tercatat sebagai bioskop tertua di Jakarta. Bioskop Metropole adalah saksi pertumbuhan film Indonesia. Tak heran, bioskop yang diresmikan tahun 1951 ini kemudian ditetapkan sebagai Cagar Budaya Kelas A melalui SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 475 Tahun 1993.

Sebagai bioskop kelas satu pada masanya, Metropole identik dengan film-film populer Amerika. Pemutaran film Annie Get Your Gun (1950) karya George Sidney menjadi penanda peresmian bioskop ini. Seiring berkembangnya film Indonesia, bioskop yang kemudian berganti nama mejadi Megaria ini mulai menayangkan film-film Indonesia, dengan film Krisis sebagai film perdana yang tayang di tahun 1955.

Kata Anies, buatmu yang masih penasaran dengan kisah perjalanan perfilman Indonesia, kamu bisa menjumpainya di Sinematek Indonesia.

Selain itu, tambah Anies, untuk mengenal lebih jauh, sosok legenda film dari Betawi, Benyamin Sueb, tak ada salahnya untuk menjadwalkan kunjunganmu ke Taman Budaya Beyamin Sueb.

“Tentunya, dengan selalu menerapkan prokes yang ada, ya,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed