by

Momen Gubernur Anies Mampir ke Warung Jamu Bukti Mentjos

-Ragam-9 views

IMEDIACYBER | Jakarta memang penuh dengan tempat yang panjang kisahnya dan jadi bagian dari perjalanan sejarah kota ini. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Instagram, Minggu (4/4/2021).

Lanjut Anies, salah satunya warung Jamu Bukti Mentjos di Jalan Salemba Tengah, Jakarta Pusat.

“Setelah inspeksi trotoar di Salemba Raya kemarin, kami sempat mampir untuk membuktikan khasiatnya,” ujar Anies.

“Rakyat Sehat Negara Kuat!” tertulis di menunya, ada 64 pilihan jamu, semuanya spesifik diramu untuk kebutuhan atau keluhan kita masing-masing. Ramuan jamunya menggunakan resep tradisional yang diwariskan turun-temurun sejak tahun 50-an, hingga sekarang dikelola oleh generasi ketiganya, Pak Horatius Romuli, yang juga seorang pendeta GBI.

Kata Anies, awalnya warung jamu ini bernama Jamu Bukti didirikan Solo tahun 1940an, baru kemudian boyongan pindah ke ibu kota pada tahun 1950. Ketika itu hanya berupa gubuk sederhana di depan Pasar Mentjos (pasar di jalan yg menceng/miring). Sehingga dikenal sebagai warung jamu Bukti Mentjos sampai sekarang.

Menurut Anies, sehari-harinya warung jamu ini ramai dikunjungi berbagai kalangan, tua dan muda, dari Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ketika awal-awal pandemi tahun lalu, sambung Anies, peminat jamu melonjak karena dipercaya berkhasiat meningkatkan imunitas.

“Warung Jamu Bukti Mentjos juga melayani pesan antar, bahkan pelanggannya ada yang dari Malaysia dan Singapura,” jelas Anies.

Warung Jamu Bukti Mentjos buka setiap hari jam 10.00-21.30, kecuali hari Minggu/ libur. Bila ingin membuktikan juga, tutur Anies, teman-teman dapat naik TransJakarta Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) turun di Salemba UI, lalu lanjut berjalan kaki 8 menit, agar lebih sehat dan negara makin kuat.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed