by

Jokowi Minta Kepala Daerah Jangan Puas Baca Laporan

-Nasional-12 views

IMEDIACYBER | Saya bertemu secara virtual para kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada Serentak pada Desember 2020, kemarin dari Istana Negara. Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial Instagram, Kamis (15/4/2021).

Satu hal yang saya ingatkan kepada para kepala daerah, lanjut Jokowi, bahwa jabatan yang mereka emban adalah kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar.

Karena itu, sambung Presiden, mereka bekerja tidak boleh sekadar mengikuti prosedur dan rutinitas belaka, melainkan harus berorientasi pada hasil.

“Kepala daerah jangan puas dari membaca laporan, tetapi harus memantau langsung di lapangan,” ujar Jokowi.

Kata Jokowi, mereka harus membuat kebijakan yang fokus dengan skala prioritas yang jelas. Terkait anggaran, tambah Jokowi, para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut daripada membagi-baginya ke banyak kegiatan kecil. Dengan demikian, menurut Jokowi, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat.

Di masa pandemi ini, tutur Jokowi, saya meminta para kepala daerah untuk memanfaatkan APBD mereka dalam membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi.

“Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak program-program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed