by

Presiden Jokowi: Selamat Hari Kartini

-Nasional-23 views

IMEDIACYBER | Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca.

Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui media sosial Instagram, Rabu (21/4/2021).

Lanjut Jokowi, sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

“Raden Adjeng Kartini (1879 – 1904),” demikian tutup Jokowi.

Seperti diketahui, hari ini 21 April diperingati sebagai Hari Kartini 2021. Setiap tahunnya rakyat Indonesia memperingati hari lahir pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini sebagai momen emansipasi wanita.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang merupakan tokoh emansipasi wanita lahir dari keluarga bangsawan. Darah bangsawan RA Kartini diperoleh dari garis keturunan ayahnya yang masih berkaitan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan masih merupakan keturunan dari Kerjaan Majapahit.

RA Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ayah RA Kartini adalah Bupati Jepara kala itu, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, sementara ibunya, MA Ngasirah, adalah seorang anak kyai di Jepara.

RA Kartini dinobatkan sebagai pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia oleh Presiden Soekarno pada 1964. Semasa hidupnya Kartini sangat peduli pada pendidikan kaum pribumi, khususnya perempuan. Dia membangun sebuah sekolah khusus wanita di Rembang.

RA Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun dan dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang. Usai kematiannya, surat-surat Kartini dikumpulkan dan diterbitkan dalam sebuah buku berjudul ‘Door Duisternis tot Licht’ atau Habis Gelap Terbitlah Terang.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed