by

60 Ton Sampah Plastik Dikirim dari Bali ke Jabar Setiap Minggu untuk Diolah

IMEDIACYBER | 60 TON SAMPAH BOTOL PLASTIK kiriman dari Pulau Bali setiap minggu dikirim ke Jawa Barat untuk diolah oleh teknologi canggih di Padalarang untuk kembali menjadi botol air mineral.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui media sosial Instagram, Rabu (21/4/2021).

Kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, teknologi canggih ini dimiliki oleh Namasindo Plas yang berlokasi di Padalarang. Satu-satunya fasilitas di Indonesia mengubah PET plastik dengan 5 tahap untuk kembali menjadi kemasan botol plastik siap pakai.

“Mari sekarang kita budayakan pilah dan kumpulkan sampah plastik, kirim ke pabrik Namasindo Plas ini, melalui beragam sistem koleksi sampah, salah satunya adalah Apps @octopus.ina yang dimotori oleh babang tampan @hamishdw,” ujar Emil.

Menurut Emil, CIRCULAR ECONOMY itulah istilahnya untuk produk yang dipakai konsumen, jadi sampah, dikumpulkan, dan didaur ulang oleh teknologi canggih menjadi produk yang sama persis. Dan kemudian dipakai lagi oleh konsumen. Jadi berputar tidak nyampahi lautan.

“Pelestari atau pengumpul sampah botol plastik ini ada yang penghasilannya 5-10 juta sebulan. Tertarik?,” demikian tutup Emil.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed