by

Ustadz Wijayanto: Perlakukan Binatang Peliharaan dengan Baik

-Kajian-15 views

IMEDIACYBER | Ada sebuah kisah yang diceritakan Rasulullah SAW. Demikian disampaikan Ustadz Wijayanto melalui media sosial Instagram, Senin (26/4/2021).

Dikisahkan Ustadz, saat itu seorang laki-laki mengalami kehausan saat menempuh perjalanan jauh. Dia turun ke suatu sumur dan meminum darinya. Saat keluar, tiba-tiba ia melihat seeokor anjing yang sedang kehausan hingga menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah yang basah..

“Sungguh, anjing ini telah tertimpa (dahaga) seperti yang telah menimpaku.”

Lanjut Ustadz, kemudian ia turun lagi ke sumur untuk memenuhi sepatu kulitnya (dengan air) kemudian memegang sepatu itu dengan mulutnya lalu naik dan memberi minum anjing tersebut. Allah subhanahu wa ta’ala berterima kasih terhadap perbuatannya dan memberikan ampunan kepadanya.

Para sahabat bertanya-tanya, “Wahai Rasullulah, apakah kita mendapat pahala (apabila berbuat baik) pada binatang?”

Beliau bersabda, “Pada setiap yang memiliki hati yang basah maka ada pahala.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Ustadz Wijayanto menyebutkan, dari kisah tersebut dapat kita perik hikmah, jika di rumah ada binatang peliharaan, hendaknya diperlakukan dengan baik, jangan sampai lupa apalagi lalai untuk memberikan kasih sayang.

Sebab Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.” (HR. Bukhari).

Rasulullah pun seorang yang pencinta hewan. Sehingga beliau pun menganjurkan agar umatnya menyayangi semua makhluk hidup, baik manusia atau binatang.

“Wallahu’alam bisshawab…,” demikian tutup Ustadz Wijayanto.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed