by

Uwi: Ilmu yang Dibagikan akan Menjadi Ilmu yang Berkah

-Kajian-3 views

IMEDIACYBER | “Sesungguhnya yang sampai kepada orang mukmin dari amalan dan kebaikannya setelah meninggal dunia ialah ilmu yang ia ajarkan dan ia sebarkan” (HR Ibnu Majah, Al-Baihaqi, dan Khuzaimah).

Demikian kutipan sebuah hadits yang diposting Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui media sosial Instagram, Kamis (6/5/2021).

Layaknya pohon yang berbuah, kata Uwi ilmu yang dibagikan justru akan menjadi ilmu yang berkah. Jika seseorang membagikan ilmu, lanjut dia, maka ilmunya akan semakin bertambah.

“Dengan mengajarkan ilmu, ilmu yang dimiliki akan semakin menancap kuat dalam sanubarinya,” ujar Uwi.

Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Maka dari itu, tutur Uwi, jangan segan membagikan ilmu yang kita miliki. Berbagi ilmu termasuk tolong-menolong dalam kebaikan, sekecil apapun itu. Karena berbagi ilmu seperti mengajarkan Al-Qur’an, akan mengantarkan kita menjadi sebaik-baik manusia..

“Terus semangat untuk saling share ilmu sambil mengingatkan saudara kita, semoga Allah berikan kebaikan dunia akhirat hingga menuju jannah-Nya… Aamiin…,” demikian tutup Ustadz Wijayanto.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed