by

Uwi: Puasa Syawal Punya Keutamaan Istimewa

-Kajian-16 views

IMEDIACYBER | “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh” (HR Muslim).

Demikian disampaikan Ustadz Wijayanto (Uwi) mengutip sebuah hadits melalui akun media sosial Instagram miliknya, Minggu (16/5/2021).

Menurut Uwi, puasa syawal adalah puasa yang dilakukan di Bulan Syawal selama 6 hari, dapat dilakukan selama 6 hari berturut-turut atau tidak asal tetap dilakukan di Bulan Syawal. Puasa ini mempunyai keutamaan yang sangat istimewa, yang dapat dilihat dari sabda Rasulullah SAW di atas.

Selain itu, dari Tsauban, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal).” (HR Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil).

Keutamaan puasa syawal ini antara lain yaitu memperoleh pahala puasa setahun penuh, seperti hadist berikut ini,

“Berpuasa Ramadhan pahalanya seperti puasa 10 bulan, dan berpuasa enam hari setelahnya (Syawal) pahalanya seperti puasa dua bulan, maka jumlahnya menjadi satu tahun.” (HR Imam As Suyuți hadis sahih dalam al-Jāmi al-Shagīr, No. 5100).

“Siapa yang sudah mulai puasa syawalnya?,” demikian tanya Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed