by

Uwi: Islam Sangat Memuliakan Derajat Seorang Perempuan

-Kajian-10 views

IMEDIACYBER | Jangan sampai, demi uang, kita mengorbankan waktu dan meninggalkan keluarga. Demikian disampaikan Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram miliknnya, Selasa (18/5/2021).

Kata Uwi, hendaknya pilih bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. Terutama bagi wanita.

“Islam sangat memuliakan derajat seorang perempuan,” ujar Uwi.

Uwi menyebutkan, hampir di setiap bagian kehidupan, perempuan sangat dimuliakan dalam Islam. Salah satunya adalah tentang kewajiban mencari nafkah.

Kewajiban mencari nafkah dalam islam dibebankan kepada suami, dalam QS Al baqarah: 233, Allah berfirman “…Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut”.

Lantas sebenarnya bolehkah istri bekerja mencari nafkah? Menurut Uwi jawabannya adalah boleh. Sebagai contoh, ibunda Siti Khadijah adalah seorang pengusaha yang sukses. Namun, dalam mencari nafkah seorang perempuan khususnya apalagi seorang istri ada hal-hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

Ridho suami
Diriwayatkan dari Anas bin Malik R.A, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Maukah kalian aku beritahu tentang istri-istri kalian di dalam surga?” Mereka menjawab: “Tentu saja wahai Rasulullaah!” Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Wanita yang penyayang lagi subur. Apabila ia marah, atau diperlakukan buruk atau suaminya marah kepadanya, ia berkata: “Ini tanganku di atas tanganmu, mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridho”.

Jangan Mengabaikan Urusan di Rumah
Seorang istri yang bekerja pun harus memastikan suami dan anak-anaknya tetap terurus, urusan di rumah tetap dijalankan dan menjadi prioritas. Merupakan kekeliruan yang besar ketika dia mementingkan pekerjaan, sementara suami dan anak-anaknya serta rumah terabaikan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

Menjaga diri
“Jika seorang wanita menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad).

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed