by

Gubernur Khofifah Tinjau Lokasi Gempa Blitar

-Berita-15 views

IMEDIACYBER | Meninjau lokasi terdampak gempa magnitudo 5.9 di Kabupaten Blitar, Sabtu (22/5/2021). Tepatnya di Dusun Buneng, Desa Boro, Kecamatan Selorejo dan Dusun Jabung, Desa Jabung, Kecamatan Talun.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram, Sabtu (22/5/2021).

“Tidak hanya bantuan materil berupa sembako, lauk pauk, terpal dan masker, Pemprov Jatim juga menerjunkan tim layanan dukungan psikososial untuk mengatasi trauma korban gempa,” ujar Khofifah.

Saat ini, lanjut dia, kami bekerjasama dengan BMKG, BNPB, dan seluruh kabupaten/kota di selatan Jatim berupaya melakukan mitigasi bencana untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Menurut Khofifah ini penting karena selatan Jatim merupakan wilayah rawan gempa dan tsunami.

“Semoga Allah SWT melindungi seluruh masyarakat Jatim. Aamiin,” demikian tutup Khofifah.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 5,9 yang berpusat di wilayah Blitar, Jawa Timur membuat ratusan rumah warga serta fasilitas umum rusak. Gempa itu terjadi pada Jumat kemarin (21/5/2021) sekitar pukul 19.00 WIB.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Yanuar Rachmadi dalam keterangannya mengatakan kerusakan bangunan terjadi di 7 daerah.

“Data hingga Sabtu ini dampak gempa, ada kerusakan rumah atau fasilitas di 7 daerah,” ungkap Yanuar, Sabtu (22/5/2021).

Yanuar mengatakan Kabupaten Blitar adalah daerah yang paling terdampak. Di sana, setidaknya 101 rumah dan 10 fasilitas umum rusak. Tingkat kerusakan cenderung berbeda-beda.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed