by

Gubernur Khofifah Kunjungi Pabrik dan Museum Kopi Kapal Api

-Wisata-13 views

IMEDIACYBER | Melalui akun media sosial Instagram, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunggah foto kegiatan mengunjungi Pabrik dan Museum Kopi Kapal Api di Sidoarjo, Kamis (27/5/2021).

Konon, kata Khofifah, pemberian nama Kapal Api karena konsumen kopi ini mayoritas pelaut yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kini, lanjut Khofifah, Kopi Kapal Api tidak hanya dinikmati para pelaut tapi telah mendunia dan menjadi produk kebanggaan Indonesia.

Menurut Khofifah, 60 Persen market Indonesia telah dikuasai dan masuk 5 besar dunia. Di saat pandemi covid-19 tetap tumbuh positif.

“Siapa disini penggemar berat kopi?,” demikian tutup Khofifah.

Mengutip laman kopidewa.com, Kopi Kapal Api telah ada sejak zaman Belanda. Didirikan oleh Go Soe Loet bersama dengan kedua saudaranya yaitu Go Bi Tjong dan Go Soe Bin pada tahun 1927.

Awalnya mereka mendirikan pabrik penggorengan kopi di kawasan Pabean, Surabaya dengan merek Kopi Bubuk Hap Hoo Tjan. Produk kopi bubuk tersebut lantas dijual keliling kampung dan sekitaran Pelabuhan Tanjung Perak menggunakan sepeda onthel.

Pimpinan PT Santos Jaya Abadi, Soedomo yang merupakan anak dari Go Soe Loet pun saat itu turut membantu memasarkan produk tersebut bersama dua saudaranya yang lain. Yaitu, Indra dan Soetikmo.

Para pelanggan kopi mereka, kebanyakan adalah para pelaut yang kebetulan bersandar dan tentu saja orang-orang di sekitar pelabuhan.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed